Rabu, 12 September 2018

KEWIRAUSAHAAN


PROPOSAL USAHA

“PISANG KEMUL”
 

                        
















Disusun oleh :

SILVIA EKA PRATIWI (15)
SITI NOR HIDAYATI (18)
XI TKJ 4

 SMKN 6 MALANG2018

KATA PENGANTAR                         
            Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam saya sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW sehingga karenanya saya dapat menyelesaikan tugas proposal usaha ini dengan baik dan tepat waktu.
            Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk menguatkan usaha wirausaha baru, agar mampu memiliki konsep bisnis dan strategi melalui proposal usaha kuliner ini.
            Dalam proses penyusunan proposal ini saya menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materiil dari berbagai pihak, akhirnya saya dapat menyelesaikan proposal ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini saya menyampaikan terimakasih dan penghargan setinggi – tingginya kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
            Meskipun begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak saya harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan saya semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi saya dan bagi pembaca lain pada umumnya.


Penyusun
Silvia Eka Pratiwi
Siti Nor Hidayati



BAB I
PENDAHULUAN

1.1              LATAR BELAKANG
Dengan perkembangan zaman dan teknologi maka orang sekarang mulai berhati – hati dalam memilih dan membeli makanan, karena pada masa ini banyak makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya. Mayoritas masyarakat menginginkan makanan yang rasanya enak dan murah, tanpa memperdulikan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah saya menyediakan makanan yang rasanya enak dengan cukup murah, sederhana, higienis dan aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Hal ini tentu juga akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.
Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi cocok menjadi makanan konsumsi untuk waktu santai, sekaligus cukup istimewa adalah PISANG KEMUL. Keberadaan Martabak Unyil sebagai salah satu makanan trdisional khas Indonesia memiliki rasa yang enak, inovatif, kreatif, nikmat, mengandung protein dan juga lezat telah dikenal dari masa ke masa, sehingga usaha ini memang layak dikembangan sebagai usaha alternatif.
Dengan melihat potensi atau kelebihan diatas, maka saya ingin membuat usaha agar masyarakat tidak pernah lupa dengan makanan tradisional khas Indonesia. 

1.2            MANFAAT USAHA
1.      Manfaat Ekonomi
Usaha Pisang Kemul  ini cukup menjanjikan, karena keuntungan yang didapat cukup besar. Saya menawarkan jasa delivery order juga  memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan memberikan harga yang murah tapi dengan produk yang tidak murahan dengan kata lain kualitas produk terjamin kesehatannya. Dengan usaha ini diharapkan dapat mmberikan keuntungan. 

2.       Manfaat Sosial
a.  Bagi Pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat membuka cabang dan berkembang ke berbagai daerah. Usaha Pisang Kemul ini cukup menjanjikan bagi kita, karena masih banyak daerah – daerah di Indonesia yang belum menikmati enaknya Pisang Kemul /Selimut ini, sehingga saya dapat memasarkannya ke daerah tersebut. Keuntungan yang dapat diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar 
b.      Bagi Masyarakat
Dengan adanya Pisang Kemul ini, dapat menjadi alternatif bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karna apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha. 

1.3            RUMUSAN MASALAH
a) Bagaimana tips untuk membuka usaha Pisang Kemul yang baik dan benar serta tidak merugi ?
b) Bagaimana cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini ?
c) Bagaimana caranya agar kita bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis Pisang Kemul? 

1.4     VISI, MISI, DAN TUJUAN
a.      VisiMenjadikan Pisang Kemul sebagai makanan tradisonal khas Indonesia yang mampu menembus pasaran dunia
b. Misi
·       Memberikan kualitas yang terbaik.
·       Memberikan pelayanan yang terbaik
·       Membuat Pisang Kemul yang memiliki aneka rasa
·       Memasarkan Pisang Kemul di pasar tradisional maupun pasar modern
·       Mendirikan usaha wisata kuliner makanan khas Indonesia
c. Tujuan Usaha
·         Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
·         Menambah pengalaman kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
·         Menambah pengalaman ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha
·         Mewujudkan kemampuan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
·         Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan masyarakat yang mampu di andalkan  

BAB II

KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN

A.    Lingkungan Usaha
Hal-hal yang menjadi pendukung dalam kegiatan pengembangan pemasaran yang kami jalankan adalah dari segi lokasinya. Selain dari segi lokasi, harga yang kami tawarkan juga relatif murah dengan kualitas dan kuantitas produk. Di Malang sendiri jenis usaha di bidang makanan khususnya Pisang Kemul memiliki peluang yang sangat menjajikan, karena makanan adalah kebutuhan primer manusia, ditambah lagi dengan banyaknya jumlah penduduk di Pekalongan dan sekitarnya. Oleh karena itu kami bertekad mengembangkan usaha pembuatan Pisang Kemul karena ditunjang dari banyaknya  peluang  dalam mengembangkan jenis usaha ini. 

B.     Kondisi Pasar
Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari produk-produk  yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi rasa yang lebih enak dan banyak, ukuran yang kecil (unik), harga yang ekonomis, dan yang paling penting sehat dan higienis. Dengan ini, kami yakin produk yang kamimiliki mampu bersaing dan laku dipasaran. 

C.    Rencana Pemasaran            
Dengan usaha Pisang Kemul yang sudah memiliki pelanggan tetap , makakami akan menambah pemasarannya dengan membuat brosur untuk mencari agenyang mau menjualnya , sehingga akan ada banyak yang membantu untukmengembangkan usaha ini,membuka stan ketiga ada  pameran kuliner di jetayu atau exspo di kajen, menerima delivery order Selain itu, media lain juga kami
juga untuk  manfaatkan seperti jejaring sosial (social network), yaitu: facebook,twitter, Blackberry Messenger (BBM), dan Blog.Lokasi, harga , promosi , dan yang paling penting produk . Produk ini jugasangat akan kami sesuaikan seperti pada kemasannya. kami sebagai penjual jugasangat memperhatikan guna melayani konsumen. Manajemen yang baik akankami terapkan di antara anggota dalam perusahaan agar perusahaan ini berjalandengan baik dan berkembang sesuai harapan.   


BAB III
FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG

Setiap usaha yang dijalankan, pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses seperti halnya usaha ini. Ada beberapa hal yang menurut kami akan menghambat dan sangat mendukung dalam menjalankan usaha ini.

A.    Faktor penghambat tersebut diantaranya :
1.    Banyaknya usaha kuliner selain Pisang Kemul
2.    Harga bahan baku yang tidak stabil.Tapi saya sudah merencanakan untuk memecahkan masalah faktor penghambat tersebut diantaranya yaitu dengan berhati–hati dalam mengelola setiap anggaran dana yang akan dikeluarkan. Sedangkan untuk mengatasi faktor yang kedua, yakni harga bahan baku tidak stabil, kami menyiasatinya dengan membeli bahan baku langsung kepada petani setempat agar memperoleh harga yang lebih murah.

B.     Faktor pendukung usaha ini diantaranya :
1.    Kondisi tempat, dan peralatan yang memadai
2.    Higienis dan harga yang relatif terjangkau
3. Usaha pisang kemul yang belum ada di sekitar tempat usaha

C.     ANALISIS SWOT
a.       Strength (kekuatan) 
 i.      Memiliki SDM dengan etos kerja yang baik. 
 ii.      Usaha ini berlokasi yang strategis yaitu dekat dengan rumah sakit, kampu-kampus, dan jalan raya PATURA.  
iii.    Harga produk ekonomis dan higienis 
iv.      Inovasi rasa yang berbeda dengan produk lainya.
b.      Weakness (kelemahan)                  
i.      Kurangnya modal untuk menjalankan bisnis ini                 
ii.      Harga bahan baku yang tidak stabil
c.       Opportunity (peluang/kesempatan)    
i.      Budaya masyarakat yang konsumtif
d.      Threat ( hambatan)        
i.      Banyaknya kompetitor yang bergerak dibidang yang sama.

BAB IV
ASPEK PRODUKSI   

A.  Alokasi Usaha
PISANG KEMUL berlokasi di Kabupaten Malang. Kami memilih lokasi tersebut, karena tempatnya dekat dengan daerah pemasaran. yaitu disekitar pusat belanja, dan warung-warung yang dekat dengan lokasi usaha tersebut.   

B.  Fasilitas dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :
NO
PERALATAN
JUMLAH
SATUAN
TOTAL HARGA
1
Gerobak
1
 Rp 0
 Rp    0
2
Kompor Gas
1
 Rp 0
 Rp    0
3
Teflon
2
 Rp 0
 Rp    0
4
Baskom
3
 Rp  0
 Rp    0
5
Pisau
2
 Rp  0
 Rp     0
6
Toples
5
 Rp  0
 Rp   0
7
Tatakan
1
 Rp  0
 Rp   0
8
Lain - lain
-
 Rp 0
 Rp    100.000
Jumlah
 Rp  100.000

C.  Bahan Baku
Bahan baku yang kami gunakan:
Bahan
Jumlah
Satuan
Total Harga
Terigu
1 kg
Rp    6.000
Rp   6.000
Santan Encer
1 liter
Rp    5.000
Rp   5.000
Baking Powder
¼ kg
Rp    3.000
Rp   3.000
Telur Ayam
3 butir
Rp    1.000
Rp   3.000
Mentega
1 kg
Rp  22.000
Rp   22.000
Pisang Raja
25 buah
Rp    1.000
Rp   25.000
Gula pasir
1 kg
Rp  10.000
Rp   10.000
Maizena
1 kg
Rp 12.000  
Rp  12.000
Coklat Bubuk
1 kg
Rp  15.000
Rp  15.000
Kardus Snak
20 lembar
Rp       500
Rp  10.000
Kertas Minyak
1 kg
Rp  17.500
Rp  17.500
Jumlah Total
Rp128.500

 D. Cara Membuat
Isi:
 Panaskan mentega, masukkan pisang, aduk rata. Tambahkan gula pasir, aduk rata. Beri larutan maizena, masak hingga kental. Angkat sisihkan.
Crepes:
·         Terigu, gula halus, baking powder, telur, Santan. Aduk hingga rata kembali
·         Ambil ¾ bagian adonan tambahkan larutan cokelat bubuk. Aduk hingga rata. Masukkan adonan putih ke dalam plastic segitiga
·         Panaskan pan dadar kecil, tuang adonan putih dan buat motif bergarif. Tuang adonan coklat diatasnya, ratakan, biarkan hingga matang, angkat
·         Isi crepes dengan pisang yang telah di masak, gulung hingga rapi. 

E.  Proses Produksi
Dalam proses produksi usaha ini diantaranya : 
a)    Menyiapkan bahan yang akan digunakan 
b)   Mempersiapkan peralatan yang akan digunakan 
c)    Memulai proses pengerjaan 
d)   Membersihkan hasil pekerjaan agar lebih baik (finishing).  

F.  Proses Pengerjaan
Dalam melakukan pekerjaan dilakukan dengan rincian sebagai berikut:
Hari                        : Senin – sabtu
Waktu                     : 08.00 – 20.00 WIB
              
BAB VASPEK KEUANGAN 
    
A.    Rencana produksi Pisang Kemul 
1.    Jenis produk                       = Pisang Kemul 
2.    Jumlah produksi                 = 100 biji/hari   
B.     Biaya tetap 
1.    Peralatan                                                                     = Rp. 100.000 
2.  Bahan baku                                                                 = Rp. 128.500,-+
     Jumlah                                                                         = Rp. 228.500
     Modal                                                                          = Rp. 228.500
     Keuntungan = 40% x 228.500                                    =Rp. 91.400
     Modal+Keuntungan                                                    = Rp. 228.500 + Rp. 91.400
                                                                                         = Rp. 319.900
     Harga Jual                                                                   = Rp.319.900 / 100
                                                                                         = Rp. 3.199
                                                                                         = Rp. 4.000


BAB VI
PENUTUP


A.  ANTISIPASI MASA DEPAN
Sebagai wirausahawan yang baik, saya tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan saya, agar para peminat dan konsumen puas atas Pisang Kemul yang saya buat. 
Karena apabilakualitas Pisang Kemul saya tidak saya tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju, dan terancam bangkrut. 

B. KESIMPULAN
Menurut saya usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Saya sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan dengan sungguh-sungguh dan kopeten. Sayasadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi saya akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar